7 Tingkatan ( Maqom ) Dalam Islam

Posted by Ra An Naja 6 Maret 2011 0 comments

Ada 7 Tingkatan ( maqom  ) dalam  Islam yang harus kita ketahui dan setidaknya menjadi tujuan hidup dan menjadi Intropeksi kita juga sama-sama semuanya.

1.          Muslimin adalah orang muslim yang masih belum menjalankan ajaran Islam.

2.          Mukmin adalah orang muslim yang sudah menjalankan ajaran Islam tapi hanya wajib nya saja.

3.         Solihin adalah orang muslim yang sudah menjalankan ajaran Islam baik wajib maupun sunnah, tapi belum bisa merasakan manis dan indahnya beribadah kepada Allah.

4.         Muttaqin adalah orang muslim yang sudah menjalankan ajaran Islam baik wajib dan sunnahnya dan sudah mulai merasakan perasaan Khauf ( takut ) dan manis / indah nya beribadah kepada Allah.

5.         Mukhlisin adalah orang muslim yang menjalankan ibadah kepada Allah tanpa meminta imbalan apapun, tak mengharap SURGA atau pun tak takut pada NERAKA. Yang mereka harapkan adalah Ridho dan Cintanya tingkat IKHLAS yang tertinggi.

6.          Mualiyin adalah orang muslim yang kita kenal dengan sebutan WALI ALLAH nah mereka ini sudah menyerahkan semua segenap jiwa dan raga nya juga hatinya kepada ALLAH dan di hati mereka cuma ada ALLAH ALLAH Dan ALLAH. CINTA yang merekat sangat dalem kepada ALLAH dan tak mau berpisah Sedetikpun Dari Nya. Dan terbukalah seluruh Hijab yang membatasi antara Hamba dan Sang Pencipta.

7.         Sir adalah orang Muslim yang tingkat keimanan bisa di katakan tingkatan yang sangat sulit karena seluruh jiwa dan raganya sudah bersatu kepada ALLAH bahkan cintanya kepada Allah melekat sampai kesetiap sel-sel darah dan tulangnya serta mengikuti 7 penjuru mata angin. Dan penjelasan yang lebih kompleksnya hanya Allah yang lebih tau.

Semoga Allah merahmati kita semua. Hanya saling mengingatkan apakah kita mau sampe disini saja kah maqom kita ?? nah mari kita sama-sama bercermin. Tapi ingat setiap Maqom bukan lah mudah, cobaan pasti akan terus datang tapi percayalah. Allah tak akan memberikan cobaan yang tak bisa di tanggung umatnya.


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 7 Tingkatan ( Maqom ) Dalam Islam
Ditulis oleh Ra An Naja
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://annajabanyuasin.blogspot.com/2011/03/7-tingkatan-maqom-dalam-islam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of an naja banyuasin. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.