Pendamping Istri Di Surga

Posted by Ra An Naja 2 September 2010 0 comments
Mungkin ada banyak disekitar  kita istri yang tidak menikah lagi setalah suaminya meninggal. Tapi banyak pula yang punya suami lagi. Begitu pula dengan istri yang sudah cerai dengan suaminya.

Jika ada istri ditinggal mati oleh suaminya ( cerai )  lalu istri menikah lagi dengan orang lain. Pertanyaannya di akherat kelak akan dikumpulkan dengan suami yang mana ?

Ada dua riwayat hadits yang menjelaskan tentang pendamping istri di surga :
Pertama : Riwayat At-Thabrani dari Abi Darda’, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

«المَرْأَةُ لِزَوْجِهَا الآخِرِ»

“Seorang perempuan (di surga) diperuntukkan bagi suaminya yang terakhir”
Kedua : Riwayat Anas dari Umi Habibah dan dari Umi Salamah

أَنَّ أُمَّ حَبِيبَة قاَلَتْ: ياَ رَسُولَ اللهِ الْمَرْأَةُ يَكُونُ لهَاَ فِي الدُّنْياَ زَوْجَانِ لِأَيِّهِمَا تَكُونُ فِي الْجَنَّةِ؟ قَالَ: تُخَيَّرُ فَتَخْتَارُ أَحْسَنَهُمْ خُلُقاً كاَنَ مَعَهاَ فِي الدُّنْياَ فَيَكُونُ زَوْجَهاَ

Bahwasanya Umi Habibah berkata kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, seorang perempuan memiliki dua suami di dunia, diperuntukkan bagi siapakah dia di surga ?, Rasulullah SAW menjawab “Dia diberi pilihan, maka memilih yang terbaik perangainya di dunia, dialah yang akan menjadi suaminya di surga”.

Pada dhohir dua hadits di atas ada pertentangan di antara keduanya (ta’arud). Ibn Hajar menanggapi : ada cara menyatukan antara dua riwayat di atas (toriqul jam’i):
  • Riwayat Abi Darda’ adalah bagi istri yang meninggal terlebih dahulu dari suaminya sekalipun sebelumnya telah menikah dengan laki-laki lain, atau bagi istri yang ditinggal suaminya terlebih dahulu dan ia tidak menikah lagi (menjanda) hingga meninggal dunia. Kelak suami terakhir menjadi pendampingnya di surga.
  • Riwayat Umi Habibah dan Umi Salamah adalah bagi istri yang pernah kawin dengan laki-laki lebih dari satu tetapi ia dicerai kemudian menjanda hingga meninggal dunia. Kelak di akhirat ia diberi pilihan antara suami-suaminya yang terbaik akhlaqnya sebagai pendampingnya di surga.

 
Sumber : Forsan Salaf.Com

Berita Terkait :
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pendamping Istri Di Surga
Ditulis oleh Ra An Naja
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://annajabanyuasin.blogspot.com/2010/09/pendamping-istri-di-surga.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

Redesigned by Info Terbaru Original by Bamz | Copyright of an naja banyuasin. Untuk SEO lebih lanjut kunjungi Trik SEO terbaru.